Juma'ah Bahagia Yang Zemu

Sesuai dengan judulnya. Hari ini memang sedikit tidak jelas. Sudah terencana tapi tidak berjalan lancar. Sedih juga barusan ditinggal pergi kangmas balik ke ibukota dan lanjut tur bandnya yang namanya Night Bat. Sebelum doi cabut, doi mibta doa "semoga mainnya dibayar ya.." Amin. 

Tadi pagi, Dawai super happy karena sepupu-sepupu kesayangannya datang dari Cirebon. Disambut hanya mengenakan popok karna Dawai lagi males pake baju (jelas kan!?). Sehabis menyambut dengan joget dan nyanyian. kita sekeluarga cuss ke kebun binatang bandung. Dikira udah bagus, tapi kondisi malah jauh lebih mengenaskan. binatang-binatangnya tampak gak terawat. kandangnya juga luar biasa berantakan. Saya sempet dengar rumor, kalau kebun binatangnya sudah di di renov. Tapi mungkin itu ya..tidak ada maintainence berkelanjutan. seperti ditinggal gitu aja. Kasian, sedih banget rasanya melihat kaki gajah yang dirantai dengan keadaan sakit. Melihat kondisi tempat pawangnya juga menyedihkan. Ini niat gak sih, bikin kebun binatang? sempat marah dan kesal ya..apalagi saya suka banget sama binatang. 

Auoh..saya bingung harus apa. bingung harus bagaimana biar ini semua binatang mendapat perlakuan yang layak. Terus terang, saya sangat sedih melihat wau way yang jumpalitan kesana kemari stress karna asap bakar sampah yang masuk ke dalam kandangnya. Sedih sekaligus deg-degan melihat kandang buaya papua yang cuma diikat dengan tali resliting (entah dr rok SD siapa), dan wajah buaya muram sekali (edan..ngasal).






Ini baru buaya doang sih. Buat saya overall, kondisi kebun binatang bandung ini sangat memprihatinkan. Saya mungkin bukan warga Bandung asli. Tapi saya sudah hidup di kota kembang ini hampir 11 tahun. Saya cinta kota ini. saya hanya berharap pemerintah setempat untuk mengelola kebun binatang ini juga dengan cinta (sssseeettttdah..), ya karna..bukan hanya manusia yang patut dicintai, binatang dan alam pun butuh perhatian yang tepat. Terutama binatang-binatang yang ada di KB Bandung ini. Tempat hidup mereka sangatlah jauh dari taraf layak. Sudah di kerangkeng, ehhh...ga dirawat pulak..sampah dimana-mana. Daripada ngeluarin duit banyak buat biaya-biaya kenegaraan yang kurang perlu, lebih baik mulai perhatikan mahkluk-mahkluk yang didalam kandang ini. 

Maaf curhat banyak. 

Terima Kasih, saya tau hanya saya dan Allah yang akan membaca tulisan ini. hahaha..

Sampurasun





Tidak ada komentar:

Posting Komentar